CARA JUALAN ONLINE LARIS MANIS. Halo, sahabat pembaca Jalan Sukses yang selalu bersemangat, sahabat semua pasti sudah paham kalau saat ini, yang namanya berjualan online itu sedang menjadi tren.

cara-jualan-online-laris

Terutama dalam situasi pandemi Covid 19 yang terus berlangsung saat ini, maka hal ini merupakan faktor pemicu semakin banyak masyarakat yang akhirnya terjun dalam bisnis online ini. Koq bisa seperti itu ya ? Yuk kita cek beberapa data yang bisa menggambarkan situasi tersebut.

Kalau sahabat coba telusuri, sejak berlangsungnya pandemi Covid 19 ini, banyak sekali usaha-usaha yang terpaksa harus tutup, atau mengalami kemunduran. Walaupun demikian ternyata ada juga lho, jenis usaha yang tetap bertahan, bahkan mengalami peningkatan yang signifikan selama pandemi berlangsung.

Jenis usaha yang mana dan seperti apa yang tetap bisa bertahan bahkan tumbuh secara signifikan ? Faktanya menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki alternatif jalur penjualan melalui media online, atau pemasaran digital yang bisa bertahan dan terus bertumbuh.

Dengan kondisi protokol kesehatan yang harus diikuti dan diterapkan oleh seluruh masyarakat, maka jalur pemasaran konvensional yang mengharuskan pembeli bertemu dengan penjual secara fisik, menjadi sangat terbatas.

Pada sisi yang lain kebutuhan utama setiap orang, harus tetap terpenuhi, dan satu-satunya media jual beli yang paling memungkinkan, adalah melalui pembelanjaan atau transaksi online. Oleh sebab situasi inilah pada akhirnya memicu percepatan signifikan pertumbuhan jual beli online di Indonesia.

Apalagi saat ini untuk bisa berjualan online, sudah sangat mudah dan terbuka lebar dengan hadirnya berbagai platform pemasaran online gratis berupa marketplace (MP). Tokopedia, Shopee, Facebook MP, bukalapak, lazada dan lain-lain, telah menjadi sarana pemasaran online bagi para pebisnis yang ingin mengonlinekan produknya.

Banyak pebisnis online yang menuai keuntungan besar selama tahun 2020, dengan omzet penjualan yang meroket secara signifikan. Baik kelas personal, UMKM, hingga besar, baik skala lokal ataupun internasional. Kita pun bisa turut merasakan, bagaimana dominasi perkembangan transaksi online di tengah masyarakat Indonesia belakangan ini.

Jumlah penduduk Indonesia yang sudah mencapai angka 270-an juta jiwa, 12% lebih masyarakatnya, sudah pernah belanja secara online. Saat ini, transaksi dunia online perbulannya sudah menyentuh angka lebih dari 13 triliun dan terus meningkat. Bisa kita bayangkan 10 tahun dari sekarang, bisnis online ini akan menjadi jauh lebih besar lagi.

Hal ini tentu merupakan sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan, melihat potensi pasar yang sangat besar tersebut, dan dapat menjadi sumber rezeki bagi banyak orang yang terlibat didalamnya. Itulah sebabnya pakar bisnis, manajemen dan pemasaran yakin bahwa, bisnis online ini merupakan masa depan, bukan hanya tren sesaat saja.

Dampaknya adalah, setiap pebisnis suka atau tidak suka harus mengikuti perkembangan zaman ini, agar bisnisnya bisa bertahan dan terus berkembang. Setiap pengusaha perlu sekali untuk membekali dirinya dengan skill/kecakapan bisnis online untuk kemajuan usahanya.

Selain tantangan itu, bisnis online pun memiliki banyak kemudahan, seperti tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Siapapun bisa mendapatkan pembeli dari manapun dan kapanpun, hal ini yang pada bisnis konvensional / offline menjadi halangan/gap tersendiri.

Sayangnya, untuk bisa mendapatkan porsi dari pasar yang demikian besar, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Fakta menunjukkan, kalau berjualan online itu tidak cukup hanya memiliki sebuah website, atau lapak online saja. Ataupun memposting sekedarnya di sosial media, untuk kemudian langsung mendapatkan pembeli.

Semakin banyak penjual online baru yang ikut meramaikan pasar, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku di industri ini. Bagaimana agar tetap bisa eksis dan bisa tetap mendapatkan porsi tersendiri, ditengah hiruk pikuknya pasar antar sesama penjual online.

Oleh karena itu, sangatlah penting seorang pebisnis online memiliki kecakapan atau skill untuk berjualan online. Bukan hanya sekedar promosi atau posting asal-asalan, ada ilmunya, ada caranya, agar jualanmu tetap bisa laris manis di tengah ketatnya persaingan.

Nah, sahabat-sahabat pembaca semua, pertanyaan berikutnya tentu saja tentang bagaimana sih sebenarnya cara jualan online laris manis itu ? Semua tentu ada polanya, termasuk juga saat ingin berjualan online laris manis.

Berikut ini adalah cara jualan online laris manis yang harus dipahami terlebih dahulu oleh para penjual online. Diawali dengan pemahaman yang benar tentang bagaimana sih sesungguhnya pola jualan laris manis itu. So, simak terus sampai habis pembahasannya di bawah ini.

BISNIS DAN JUALAN

Jika ada orang yang bertanya, “Dari mana datangnya uang dalam sebuah bisnis? Tentu jawabannya adalah : JUALAN !”

Cara tercepat menghasilkan uang adalah JUALAN.

Jualan itu penting ! Saking pentingnya, sedahsyat apapun sistem bisnisnya, sekeren apapun produknya, kalau tidak bisa jualan, mana mungkin ada uang masuk ke rekening, betul ya ?

cara-jualan-online-laris-manis

Coba Anda bayangkan, jika Anda :

Apapun bisnisnya, ujung tombaknya adalah JUALAN.

Aktivitas jualan benar = Ada uang datang.

Kasarnya, tidak suka jualan = tidak suka uang. Hehehe

Padahal, sudah jadi rahasia umum, bahwa ilmu penjualan itu BISA DIPELAJARI. Peningkatan uang yang masuk ke rekening kita itu, sejalan dengan peningkatan ilmu jualan yang kita kuasai dan kita pratekkan. 😊

Nah, setelah membaca kalimat-kalimat diatas, Anda jadi paham betapa pentingnya Anda belajar jualan.

CARA JUALAN ONLINE LARIS MANIS

“Bagaimana ya caranya jualan laris manis? Yang omzetnya banyak, dan untungnya juga besar”

Ya, berfikir seperti itu memang tidak ada salahnya. Tapi yang salah adalah, ketika terlalu mengejar penjualan, sehingga LUPA, bahwa yang di juali itu manusia. Rocker juga manusia, pembeli juga manusia, hehehe.

Pembeli juga hidup, punya hati, butuh kenyamanan. Nah, jika Anda jualan hanya berfikir sales, sales, target, target, uang, uang, ini pangkal masalah.

Yang benar adalah, saat Anda berjualan, PIKIRKAN CALON PEMBELI ANDA.

Jika produk Anda adalah solusi dari Masalah mereka, tawarkan. Jika produk Anda memang mereka butuhkan, jual. Jika produk Anda bermanfaat utk mereka, sodorkan. Tetapi, jika mereka tidak butuh produk Anda, jangan dipaksa. Jika mereka bukan target market Anda, lepaskan. Jualan juga butuh akhlak you know. Hehehe 😊

Ada banyak teknik atau cara jualan laris manis yang akan Kami berikan secara bertahap. Tapi sebelumnya, mindset jualannya harus benar dulu. Penjual yang benar selalu mendahulukan pelanggan, “Customer First”, itu prinsipnya.

cara-jualan-online-laris-manis-pelanggan

Buat calon pembeli Anda nyaman dulu, kenali mereka, pegang erat prinsip berikut ini,

“Jika Anda sangat mengenal calon pembeli Anda, maka Anda akan mudah menjual dalam jumlah yang banyak. Inilah kunci dari segala kunci saat berjualan.”

Coba Anda bayangkan dan rasakan hal-hal dibawah ini ?

Pernah? Atau sering mengalami?

Ya memang benar sekali, saat kita berjualan, ditolak calon pembeli itu sudah menjadi resiko. Tapi jika ditolak terus menerus, artinya ada yang salah dengan cara berjualannya. Nah, kesalahan dalam menjual sesuatu itu, umumnya hanya 3 hal, yaitu :

  1. Menawarkan ke bukan target pasar
  2. Salah cara menyampaikan penawaran
  3. Terlalu buru-buru ingin closing sebelum adanya Trust

Jika salah target pasar, solusinya cari sampai ketemu, jika salah dalam cara menyampaikan, belajar ilmunya. Yang sering sulit untuk diperbaiki oleh sebagian besar penjual, khususnya pemula adalah ingin cepat closing. Padahal prospeknya belum siap dijuali.

Mau sehebat apapun teknik jualannya, setepat apapun target marketnya, sehalus apapun penawarannya, tidak akan berguna jika tidak ada Trust (kepercayaan) kepada si penjualnya. Jangan pernah menjual kepada orang yang belum Trust kepada Anda.

Jika dipaksakan jualan, pasti prospeknya risih bahkan kabur. Tidak ada satu orangpun yang mau memberikan uang mereka kepada orang yang tidak mereka kenal/percaya. Hanya kepada orang yang telah dipercayalah calon pembeli akan mau mengeluarkan uang mereka.

Jadi, tugas Anda bukan menjuali, tapi dapatkan dulu Trustnya. Lebih tepatnya bangun dahulu kepercayaan orang kepada Anda, sentuh hatinya, maka isi dompetnya akan keluar dengan sendirinya.

Ingat ya, untuk bisa mendapatkan dapatkan Trust itu perlu proses, dan prosesnya mungkin butuh waktu. Semakin mahal produk yang Anda jual, semakin lama proses untuk bisa mendapatkan Trustnya.

Jika saat ini jualan Anda sepi, jangan belajar macam-macam dulu, tapi pelajari dulu caranya mendapat kepercayaan (Trust) calon-calon pembeli Anda. Oke?

Lantas, dimana belajarnya? Bisa dimana saja, melalui buku-buku tentang bisnis atau jualan online, cari mentor/guru, lihat video-video, audio-audio, dan tentu saja salah satunya adalah dengan rajin memantau tulisan-tulisan di blog ini , hehehe…

Insya allah, secara rutin blog jalansukses.net akan rutin memberikan mengupdate tulisan-tulisan seputar bisnis online. Baik berupa tips, teknik, metode, motivasi/inspirasi, buku dan ebook gratis serta rekomendasi kursus digital ataupun produk digital.

Seperti artikel Cara Jualan Online Laris Manis ini contohnya. Jika Anda tertarik dengan materi dalam artikel ini dan merasakan manfaatnya, jangan sungkan untuk membagikan link artikel ini melalui tombol share yang ada di bawah.

Dan jika Anda khawatir tidak dapat update otomatis jika ada artikel baru yang kami tulis, silahkan isi form di bawah ini, agar Kami bisa masukkan Anda dalam daftar email penerima materi-materi terbaru yang kami posting di blog ini.

Sip ya….

Cukup sekian dulu artikel Cara Jualan Online Laris Manis kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan bisa praktekkan dalam bisnis Anda.

Nantikan artikel terbaru Kami berikutnya.

Salam Bertumbuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *